Pradana Sang Penipu Komunitas Mobile Legends - Part 1

Update: DIMZ Store dan Anep dikeluarkan dari nama samaran Pradana karena memiliki alibi yang kuat bahwa mereka tidak terkait, ternyata DIMZ Store juga adalah korban dari Pradana

⁠Kami akan coba rangkai peristiwanya dalam artikel bagian selanjutnya, mohon maaf kepada para pihak yang merasa dirugikan

Penipuan online memang selalu menjadi momok yang memprihatinkan, karena tindak penipuan online adalah tindak kejahatan yang sulit dilacak dan dibuktikan.

Saat kita masuk ke dunia maya (online) siapapun bisa menjadi apapun, tidak ada verifikasi identitas yang valid, tidak ada kredensial yang bisa diperiksa, hanya sebatas nama dan foto, walaupun terkadang ada informasi penting seperti nomor telepon dan nomor rekening, tetapi cukup sering penipu menggunakan nomor telepon dan rekening palsu untuk menutupi identitasnya.

Artikel dalam seri ini dibuat dalam beberapa bagian untuk menginvestigasi salah satu penipu online yang dikenal dengan nama Pradana, dimana ia sering melakukan tindak kejahatannya dalam komunitas Mobile Legends, baik itu melalui WhatsApp, Instagram maupun Facebook.

Jika Anda merasa memiliki nama atau informasi lain yang mirip dengan apa yang kami sampaikan, sebelumnya kami minta maaf karena artikel ini dibuat tidak untuk membentuk stereotype, tapi hanya sebagai sarana edukasi agar tidak semakin banyak korban berjatuhan.

Mengenal "Pradana" atau "Dan"

Tidak banyak yang kami ketahui tentang Pradana, bahkan kami tidak yakin bahwa dia menggunakan nama asli untuk melakukan tindak kejahatannya, walaupun dalam banyak bukti nama "Pradana" atau "Dan" sering kali melekat kepadanya.

Nomor Telpon

Dalam beberapa informasi yang kami kumpulkan, kami berhasil menemukan bahwa Pradana menggunakan beberapa nomor telpon yang berbeda dalam menjalankan aksi penipuannya, diantaranya:

  1. 081263735993

  2. 083122538604

  3. 087861565246

  4. 082364030910

  5. 083857282729

Nomor-nomor ini mungkin sudah tidak aktif dikemudian hari saat Anda membaca artikel ini, kami akan mencoba meng-update data terbaru dari Pradana jika kami menemukan data tambahan.

Nama Samaran

Walaupun kerap kali menggunakan nama Pradana, ternyata sang penipu ini juga sering menggunakan nama lain untuk menghilangkan jejak tindakan penipuan, diantaranya:

  1. Pradana

  2. Dan

  3. Dann

  4. Dannn

  5. Dan26Store.ID

  6. Dannnstore

  7. Vega Indriyani

  8. Kelvin

  9. Vin

  10. Vinn

  11. Vinnn

  12. Vyn

  13. Tobar

  14. Dann Sun-shin

  15. Xiz

  16. Xiyz

  17. Rudi

Sama seperti nomor telpon yang kami cantumkan, ada kemungkinan nama-nama tersebut juga hanyalah nama samaran yang dibuat-buat demi mengaburkan jejak penipuan, kami akan kembali mengupdate informasi tentang nama samaran Pradana jika ada informasi baru yang kami temukan.

Toko Online

Pradana diketahui memiliki toko online yang mana menjual Diamond Mobile Legends di Facebook dan WhatsApp yang bisa kalian akses melalui link berikut ini:

  1. https://www.facebook.com/dannn.sunshin

  2. https://chat.whatsapp.com/LcL1bTkyQ8RLrPBVffo3Hu

  3. https://chat.whatsapp.com/DKDrq9TAWgs73THO84DsIG

Link tersebut mungkin saja sudah tidak aktif dikemudian hari saat Anda membaca artikel ini. Kami juga akan memperbarui informasi toko online Pradana jika nanti mendapatkan informasi tambahan.

Rekening Bank

Tidak banyak informasi rekening bank yang kami miliki, karena Pradana lebih sering menggunakan eWallet seperti DANA dan Gopay untuk melakukan tindak penipuannya, dimana eWallet jauh lebih mudah dibuat tanpa perlu verifikasi identitas yang ketat seperti halnya membuat rekening bank

Namun kami mendapatkan sedikit informasi rekening bank yang biasa digunakan Pradana untuk melakukan aksi penipuan, diantaranya:

  1. Rekening 1

    • Nama Bank : Seabank

    • Nama Pemilik : Pradana

    • Nomor Rekening : 901429897356

Sama seperti informasi lain diatas, kami akan mengupdate data jika kami menemukan informasi baru tentang penipu Pradana atau Dan.

Modus dan Tindak Kejahatan

Kami akan berusaha menyajikan kronologi, modus serta bukti tindak kejahatan dan penipuan yang Pradana lakukan sebaik mungkin, walaupun informasi yang kami miliki mungkin belum terlalu lengkap.

Part 1 - Penipuan Seller AppCoins Credit (APPC / APPC-C)

Kami akan coba memaparkan salah satu bukti penipuan Pradana dengan nilai kerugian Rp 475.000

Pradana atau yang juga dikenal Dan, cukup aktif dalam beberapa grup jual beli Mobile Legends, dalam beberapa kesempatan dan terlihat aktif bercengkrama dan diskusi dengan sesama member grup

Hanya saja yang mereka tidak ketahui adalah, sang penipu Pradana sedang mulai membentuk kepercayaan hingga akhirnya bisa mengelabui korbannya

----------

Dalam komunitas Mobile Legends saat ini, ramai diperbincangkan tentang AppCoins Credit atau yang biasa disebut APPC atau juga APPC-C dimana player bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan Diamond Mobile Legends dengan harga sangat murah.

Ketika para member grup yang biasa mengobrol bersama Pradana merasa sudah memiliki kedekatan pertemanan dan memiliki kepercayaan terhadapnya, dia akan memulai aksinya dengan menawarkan AppCoins Credit

----------

Yang padahal dicurigai orang bernama Tobar dengan nomor telepon 082364030910 adalah Pradana juga yang menggunakan nomor telepon lain.

Setelah mendapat testimoni dari Pradana, orang-orang pun dengan mudahnya percaya bahwa Tobar adalah penjual AppCoins Credit dengan harga murah dan disinilah kesempatan Pradana untuk mencuri uang korbannya

----------

Berikut adalah kronologi penipuan setelah uang ditransfer:

  1. Sesuai gambar diatas, uang ditransfer ke nomor DANA 083857282729 sejumlah Rp 475.000

  2. Setelah uang berhasil terkirim, sang pelaku bilang tidak bisa mengirimkan AppCoins Credit karena AppCoins Wallet nya terkena block oleh sistem

  3. AppCoins Credit yang dipesan pun tidak diterima oleh pembeli, disisi lain Tobar selaku penjual justru menghilang dan tidak mau mengembalikan uang senilai Rp 475.000 tersebut

Kelanjutan Kasus Pradana

Mungkin penipuan yang dilakukan Pradana terkesan nominal kecil, namun Pradana melakukan aksi penipuannya hampir setiap hari dengan berbagai modus yang berbeda-beda sehingga kami cukup yakin jika semua total kerugian diakumulasi, angkanya akan sangat besar.

Kami masih memiliki beberapa kasus terkait Pradana yang sudah kami kumpulkan dari beberapa sumber, kami akan kembali memaparkan penipuan Pradana dalam artikel berjudul Pradana Sang Penipu Komunitas Mobile Legends - Part 2

Slot Iklan
Pasang Iklan Klaster Games

Disclaimer: Pengiklan tidak merepresentasikan Klaster Games, kami tidak memiliki tanggung jawab, hak ataupun kewajiban terkait seluruh aktifitas yang dilakukan pengiklan